Public Relations

Perusahaan Harus Siap Menghadapi Krisis

Tidak ada manusia yang kebal terhadap infeksi virus corona. Namun, manusia bisa mencegah agar tidak tertular atau berusaha agar segera bangkit bila terjangkit corona. Analogi tersebut juga berlaku dalam dunia bisnis. Tidak ada perusahaan yang kebal terhadap krisis, tetapi perusahaan bisa melakukan pencegahan krisis dan berusaha mengurangi dampak krisis yang terjadi agar perusahaan tetap berjalan.

Krisis adalah peristiwa buruk yang berpotensi merusak citra dan reputasi perusahaan.serta dapat mempengaruhi kinerja perusahaan bila tidak ditangani dengan baik. Penanganan krisis yang buruk dapat membuat sebuah perusahaan bangkrut. Beberapa perusahaan yang tidak dapat bertahan setelah dihantam krisis antara lain Batavia Air yang mengalami krisis keuangan dan Adam Air yang salah satu pesawatnya mengalami kecelakaan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada perusahaan yang kebal terhadap krisis. Meskipun terjadi secara tiba-tiba, krisis seringnya memiliki gejala atau tanda-tanda. Inilah tugas public relations (PR) sebuah perusahaan untuk jeli menganalisis situasi apa yang dapat menimbulkan krisis. Karena sifatnya yang mendadak, maka PR perlu mempersiapkan skenario-skenario untuk mencegah dan mengurangi dampak krisis sebelum krisis tersebut benar-benar terjadi. Skenario-skenario itu dituangkan dalam sebuah panduan manajemen krisis. Panduan manajemen krisis berisi skenario dan prosedur bagaimana menangani sebuah krisis. Biasanya, panduan ini juga berisi panduan-panduan komunikasi perusahaan selama krisis terjadi.

Berikut ini adalah langkah-langkah mempersiapkan krisis.

Rencanakan skenario krisis

Krisis memang tidak terduga, tetapi anda bisa memprediksi krisis apa saja yang paling mungkin terjadi di perusahaan anda. Setiap perusahaan memiliki potensi krisis yang berbeda. Namun cara penanganannya bisa jadi hampir sama. Karenanya, krisis yang terjadi di sebuah perusahaan harusnya menjadi pelajaran sekiranya hal tersebut menimpa perusahaan anda. Analisis situasi perusahaan anda  dan kembangkan skenario penanganan krisis yang sangat mungkin terjadi di perusahaan anda.

Identifikasi publik terdampak

Sangat penting untuk mengetahui siapa saja publik yang harus diinformasikan tentang situasi krisis yang terjadi. Publik kunci ini adalah publik-publik yang langsung terdampak oleh krisis tersebut, antara lain pelanggan, investor, jurnalis, masyarakat, partner, dan karyawan. Cantumkan juga kontak setiap publik tersebut

Bentuk tim krisis

Tim krisis adalah tim yang mengelola jalannya penanganan krisis. Tim ini berasal dari berbagai departemen/unit yang bisa membantu kelancaran manajemen krisis. Selain itu, perusahaan juga dapat merekrut tokoh publik ke dalam tim krisis atau sebagai penasihat. Kemudian, tunjuk juru bicara yang akan menyampaikan pernyataan resmi perusahaan.

Baca juga:

Siapkan draft pernyataan perusahaan

Saat terjadi krisis, publik perlu tahu apa yang sedang terjadi langsung dari perusahaan anda, bukan berdasarkan “kata orang.” Oleh karena itu, perusahaan perlu menyiapkan rancangan pernyataan perusahaan di setiap skenario krisis dan orang yang harus tampil menyampaikan pernyataan tersebut. Pernyataan perusahaan berisi ringkasan kejadian (kronologi), dampak yang ditimbulkan, dan apa yang tindakan yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Menyiapkan panduan krisis

Menurut Peter Frans Anthonissen dalam buku Crisis Communication (2008), crisis manual atau panduan krisis. Panduan ini harus disusun oleh tim krisis dan akan digunakan sebagai referensi saat pertemuan, brainstorming, dan simulasi krisis. Berikut adalah konten panduan krisis yang baik:

  • Pendahuluan: deskripsi singkat tentang tujuan yang ingin dicapai, visi misi perusahaan, dan petunjuk penggunaan panduan.
  • Prosedur: langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi krisis.
  • Tim krisis: daftar nama dan jabatan di tim krisis, deskripsi tanggung jawab, nomor kontak.
  • Public kunci: daftar public kunci lengkap dengan alamat dan nomor kontak; nomor kontak darurat pemerintah lokal dan nasional, rumah sakit, nomor kontak layanan darurat, kementerian, pengacara, dsb.
  • Pesan kunci: ringkasan pernyataan resmi yang wajib atau yang dapat dikomunikasikan kepada publik eksternal tentang apa yang terjadi: 5W+1H.
  • Panduan interview: tips mempersiapkan wawancara media yang sukses.
  • Lampiran: template komunikasi yang mungkin berguna (press release, media statement, dsb).

Tautan yang mungkin berguna:

  1. 6 Crisis Communication Plan Examples & How to Write Your Own

  2. Crisis Communication and Management Templates

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.