Mahasiswa Harus Aktif Menulis Blog

“Siapa yang punya blog dan masih aktif menulis?” Pertanyaan ini selalu saya tanyakan kepada mahasiswa di setiap pertemuan pertama di kelas Introduction to Public Relations yang saya ampu. Selain dapat melatih kemampuan menulis, menulis blog juga ternyata dapat meningkatkan mental khususnya bagi para remaja.

Sebuah studi tahun 2012 membuktikan bahwa para remaja yang memiliki masalah dalam pergaulan merasa lebih tenang dan percaya diri saat menuliskan apa yang  mereka rasakan di blog.

“Remaja yang berasal dari kelompok menulis blog menunjukkan peningkatan pesat dalam kepercayaan diri. Aspek psikologis lainnya seperti kecemasan dan tekanan emosional juga berkurang,” seperti dilansir dari Kompas.

Selain dapat mengurangi kecemasan, mahasiswa yang rajin menulis blog juga akan menambah pengetahuan, referensi, dan meningkatkan kemampuan menulis. Gary Dekmezian, blogger profesional dalam artikelnya di Huffingtonpost menuturkan pengalamannya.

“Semakin sering anda menulis, maka tulisan anda akan semakin baik. Kebanyakan blogger profesional menulis secara reguler dan mereka menganalisa serta memperbaiki kembali tulisan mereka secara terus menerus.”

Dalam artikel yang sama, Gary juga menyatakan bahwa blog dapat menjadi portofolio online.

“Blog adalah cara terbaik bagi para penulis untuk membangun portofolio secara online. Menunjukkan kemampuan menulis akan menumbuhkan eksposur para penulis dan akan meningkatkan klien baru,” sebut Gary.

Di dunia Public Relations sendiri, kemampuan menulis dapat dikesampingkan. Di sebuah situs database pekerjaan yang dikembangkan Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat O*Net bahkan menyebutkan bahwa salah satu pekerjaan Public Relations di adalah membuat tulisan yang bertujuan untuk mempromosikan klien dalam bentuk siaran pers maupun media promosi lainnya. Karena itu, penting bagi para mahasiswa untuk memiliki dan aktif menulis blog.


 

Iklan

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s