Yuk, Mengenal Gelar Profesor

Sewaktu masih kuliah kita sering mendengar nama dosen kita bergelar ‘profesor’. Gelar guru besar ini pun menjadi impian bagi semua yang menggeluti bidang akademis. Sebenarnya, apa sih gelar profesor itu?

Profesor adalah gelar akademik tertinggi yang dicapai oleh seorang dosen. Seperti dilansir dari Republika Online, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menegaskan bahwa profesor bukan gelar akademik melainkan jabatan tertinggi yang diraih oleh dosen.

“Profesor bukan gelar akademik melainkan jabatan tertinggi yang diraih oleh dosen. Jadi jika ada orang yang mendapatkan gelar profesor, maka itu tidak benar,” ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Ali Ghufron Mukti, kepada Republika di Jakarta, Kamis (29/10).

Untuk bisa mendapatkan jabatan profesor, seorang dosen harus mengajar selama 10 tahun atau meraih nilai kredit mencapai 1.000 angka kredit. Angka kredit ini dihitung secara kumulatif berdasarkan dari hasil kegiatan akademik dan publikasi yang dilakukan oleh dosen tersebut. Jadi, gelar profesor tidak diperjualbelikan apalagi diberikan begitu saja tanpa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Namun demikian, pemberian gelar profesor kehormatan masih sering terjadi. Menurut Guru Besar Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Sofian Effendi, gelar profesor berbeda dengan doktor yang dapat diberikan sebagai tanda kehormatan. Pemberian gelar profesor kehormatan seharusnya tidak dilakukan.

“Semestinya tidak ada. Kalau doktor honoris causa ada, namun profesor tidak ada. Seandainya ada dari luar negeri, pastinya bukan berasal dari perguruan tinggi ternama.”

Jadi jangan mau bayar untuk dapat gelar profesor ya.

Sumber: Diolah dari Republika Online

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s