Tips Berbicara Agar Bisa Memimpin Lebih Baik

image

*Diposting pertama kali pada laman dosendaring.wordpress.com

Banyak cara agar dapat menjadi pemimpin yang baik. Salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi. Komunikasi merupakan salah satu cara agar kita dapat dihormati sebagai pemimpin.

Berbicara secara efektif merupakan kunci dari komunikasi kelompok. Namun, nyatanya ini tidaklah mudah bagi sebagian orang. Dikutip dari Inc.com, Larry Barton, seorang konsultan bisnis independen memaparkan tips berbicara agar Anda bisa memimpin lebih baik.

Sederhanakan bahasa

Mulailah dengan membangun asumsi bahwa tidak ada seorang pun yang ahli dan tahu apa yang akan Anda bicarakan. Dengan ini, Anda harus menyederhanakan bahasa yang Anda gunakan. Gunakan kata-kata yang mudah diserap dengan konteks yang sederhana untuk menjelaskan ide-ide yang berkembang. Ini membantu Anda untuk membuang hal-hal yang tidak perlu disampaikan. Semakin sederhana, lawan bicara akan semakin mudah untuk menangkap maksud pesan Anda.

Atur kecepatan berbicara

Banyak pembicara yang berbicara dengan sangat cepat. Ini adalah hal yang natural disebabkan oleh rasa gugup. Untuk menguasainya, berbicaralah pelan dengan artikulasi yang baik. Beri sedikit jeda antar kalimat untuk efek yang dramatis. Selain itu, mengatur tempo berbicara akan memberikan Anda waktu untuk memilih kata-kata, menjadikan Anda terlihat tenang, percaya diri, dan menguasai situasi.

Rencanakan

Kapan pun ada kesempatan, rencanakan pesan yang akan Anda sampaikan karena Anda tidak selalu memiliki kesempatan. Lakukanlah riset sebelum Anda menghadiri rapat, berbicara di depan publik, atau bertemu seseorang untuk pertama kalinya. Informasi bisa Anda dapatkan dari membaca berita, memperhatikan tren industri, dan mengikuti media perusahaan. Semakin kaya informasi, Anda akan semakin terlihat pintar.

Jangan berpikir atau latihan berlebihan

Banyak berlatih tidak hanya membuat presentasi atau pengarahan kelompok semakin baik, tetapi Anda akan mampu mengatasi segala halangan dalam berbicara dan terkesan lebih percaya diri ketika berbicara. Namun, berlatih secara berlebihan juga bisa mendatangkan masalah. Anda mungkin akan terdengar seperti robot dan orang-orang tidak akan menghargai apa yang Anda bicarakan. Yang terpenting, bicaralah dari hati

Bernarasi

Bernarasi merupakan strategi yang ampuh dalam berbicara. Audiens secara natural senang mendengar narasi. Dengan narasi, gagasan-gagasan tersebut akan lebih terhubung dan mudah diingat, sekaligus membuat Anda terlihat kreatif dan berpikir maju. Berikutnya bila Anda punya gagasan yang kompleks, cobalah ilustrasikan dengan narasi atau gunakan presentasi.

Jangan hanya berbicara

Berbicara hanyalah setengah dari rumus. Bila Anda ingin audiens aktif, berikan mereka kesempatan untuk berinteraksi. Dorong audiens untuk berbicara, bertanya, dan merespon.

Bicara kepada siapa saja dan kapan saja

Cara terbaik untuk berbicara lebih baik adalah dengan terus berlatih di mana pun. Bicaralah kepada orang yang tidak Anda kenal di halte bus, acara ramah tamah, atau ke mana pun Anda pergi. Hingga akhirnya, Anda akan terbiasa berbicara dan mampu berimprovisasi dalam percakapan. Kendalikan rasa malu saat membuka percakapan karena hal tersebut akan membantu Anda menjadi pembicara yang lebih baik. (SHB)

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s