Sudah Dapat Pembimbing? Intip Tips Dan Trik Dalam Menyusun Skripsi!

Skripsi sudah menjadi persyaratan umum yang harus ditempuh untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi adalah sebuah proses penelitian yang bersifat akademis, ilmiah, dan sistematis. Oleh karena itu dalam penelitiannya, para mahasiswa calon sarjana harus berada di bawah bimbingan dosen pembimbing yang menguasai topik dan metode penelitian yang akan diteliti.

Walaupun dosen pembimbing telah mengantongi jam terbang membimbing yang banyak, tidak sedikit mahasiswa yang kebingungan mengikuti arahan dari dosen pembimbing. Berikut ini tips-tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang sedang menyusun skripsi.

1. Selalu percaya dengan dosen pembimbing

Kepercayaan terhadap kompetensi dosen pembimbing merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Dosen yang telah ditunjuk oleh ketua program studi untuk membimbing skripsi Anda adalah orang yang memiliki pengetahuan, pengalaman, atau peminatan terkait dengan topik skripsi yang sedang Anda tulis. Karena itu, mendengarkan masukan dan arahan dari dosen pembimbing akan sangat bermanfaat dalam penulisan skripsi Anda.

2. Bertukar pikiran secara terbuka, logis, dan teoritis

Sepanjang proses penulisan, mahasiswa dituntut untuk memperkaya pengetahuan teoritis dan praktis tentang topik penelitiannya. Hal ini sudah pasti akan membuat si mahasiswa bingung dan tidak jarang merasa bertentangan dengan apa yang telah disarankan oleh dosen pembimbing. Jika hal ini terjadi, maka saya ucapkan selamat karena Anda telah “berpikir keras” dan inilah fase yang disebut dengan belajar (khususnya bila Anda termasuk tipe yang cuek dengan kuliah). Anda dapat mendiskusikan hasil yang Anda baca (tentunya referensi yang valid seperti buku terbaru dan jurnal) dengan pembimbing Anda. Anda boleh bertukar pendapat dengan berlandaskan pada teori dan referensi yang telah Anda baca dan ini sah secara akademis.

3. Menjaga hubungan dan komunikasi dengan dosen pembimbing

Banyak mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi menerapkan apa yang sering saya sebut dengan teori hit & run: ketika selesai bimbingan si mahasiswa akan menghilang karena terlalu semangat menulis, apalagi tidak pernah datang lagi karena tidak mengerti apa yang disarankan pembimbing. Saya menyarankan Anda untuk bertemu atau sekedar memberi kabar minimal seminggu sekali kepada dosen pembimbing untuk sekedar melaporkan progres skripsi Anda. Sesekali, ajaklah pembimbing Anda berdiskusi sambil bercengkerama di saat makan siang atau saat menikmati buah-buahan segar (untuk mencairkan suasana, bukan menyuap). Selain itu, menjaga komunikasi dengan pembimbing juga akan membantunya mengingat topik apa yang sedang Anda kerjakan (khususnya bila dosen pembimbing termasuk dosen yang super-sibuk).

4. Perhatikan etika berkonsultasi

Perlu diakui, selain bimbingan dengan dosen pembimbing saya juga sering meminta pandangan dari dosen lain bahkan teman yang lebih cepat memahami apa maksud penelitian yang sedang saya kerjakan. Namun, perlu saya ingatkan bahwa setiap dosen berasal dari sekolah yang berbeda-beda dan membaca referensi yang berbeda penulis dan tahunnya, sehingga perspektifnya pun akan sangat mungkin berbeda dengan dosen pembimbing kita. Pahami referensi yang Anda dapatkan dari pembimbing “bayangan” Anda dan bila perlu diskusikan kembali dengan pembimbing Anda. Perlu diperhatikan hindari menyebut nama pembimbing “bayangan” di depan dosen pembimbing Anda karena dialah yang bertanggungjawab penuh atas hasil penelitian Anda, bukan si pembimbing “bayangan”.

Selamat menulis! 🙂

 

4 tanggapan untuk “Sudah Dapat Pembimbing? Intip Tips Dan Trik Dalam Menyusun Skripsi!”

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s