Mengungkap Motif Di Balik Fans Super Junior

Gelombang Korea telah berkembang pesat dan menjangkiti masyarakat muda di Indonesia. Meledaknya popularitas musik Korea tidak terlepas dari kejayaan salah satu boyband papan atas Korea, Super Junior. Super Junior memiliki fandom setia yang dinamakan Ever Lasting Friends (ELF). Di Indonesia, ELF Indonesia atau biasa disebut ELF Ina telah diakui dunia sebagai salah satu fandom yang paling loyal setelah mereka berhasil menyerahkan medali emas kepada seluruh personel Super Junior ketika mereka menggelar konser di Singapura tahun 2011 yang lalu. Apa sih yang membuat para ELF Ina suka dengan Raja K-Pop ini?Menurut hasil riset berjudul Uncover Motives Behind Korean Fan* yang dipresentasikan di Simposium Kebudayaan Indonesia-Malaysia (SKIM) ke-13 di Universitas Padjajaran November 2011, disebutkan ada beberapa hal yang berhasil membuat para ELF Ina suka dengan Super Junior.

1. Penampilan fisik

Tidak dapat dipungkiri bahwa personel Super Junior merupakan hasil dari perekrutan talenta-talenta lokal yang memiliki fisik oke. Menurut para informan, para personel Super Junior memiliki selera fashion yang bagus, baik formal maupun informal. Para personel Super Junior pun tidak lupa untuk selalu meng-upload foto mereka lewat twitter sehingga para fans tahu pakaian yang mereka pakai setiap hari.

2. Popularitas tinggi

Super Junior adalah boyband Korea pertama yang berhasil menyelesaikan tour internasional mereka hampir di negara-negara besar di seluruh dunia, termasuk Peru. Selain itu, Super Junior juga termasuk boyband yang produktif dengan menghasilkan sedikitnya 20 album termasuk mini album dan album repackage. Para informan mengakui bahwa mereka terkesan dan bangga dengan kepopuleran Super Junior yang telah mendunia.

3. Fandom yang mendunia

Dengan produktivitas album yang tinggi dan konser-konser yang diselenggarakan di hampir seluruh negara di dunia, fandom ELF semakin tumbuh signifikan di setiap negara yang dikunjunginya. ELF terkenal dengan loyalitasnya yang tinggi terhadap band kesayangannya. Para fans terus up-to-date dengan perkembangan Super Junior dan saling berbagi dengan para fans lainnya agar tidak ketinggalan informasi. Inilah yang membuat para informan semakin senang menjadi bagian dari komunitas global ELF Super Junior.

*) abstrak tersedia di academia.edu

One thought on “Mengungkap Motif Di Balik Fans Super Junior”

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s