Teknik Membangun Karisma

MUNGKIN sering kali kamu bertanya, mengapa seseorang bisa begitu dihormati atau disegani padahal tidak ada sesuatu yang menonjol dari dirinya. Pesona itu dinamakan karisma.

Karisma sering disebut sebagai bawaan lahir. Namun, ternyata karisma dapat dibentuk. Berikut berbagai tips yang untuk memunculkan karisma dalam diri anak baru di lingkungan kerja.

Mulai dari diri sendiri
Benahi perilakumu sebelum melihat orang lain. Hargai orang lain seperti kamu menghargai diri sendiri. Jangan pernah merasa paling hebat dan meremehkan kemampuan orang lain.

Jaga sikap dan tutur kata
Gunakan tutur kata yang sopan dalam menyapa atasan dengan menambahkan kata sapaan Pak, Bu, Mas, atau Mbak. Selain itu, jaga omongan atau gurauan yang tidak semestinya terhadap rekan kerja maupun atasan yang tidak begitu dekat. Orang yang berkarisma mampu menempatkan diri sesuai dengan situasi, kondisi, serta lawan bicara yang dihadapinya.

Selalu tersenyum
Senyum mendandakan kamu sebagai orang yang hangat dan bersahabat. Tidak perlu berlebihan, cukup tersenyum dengan tulus.

Puji orang dengan tulus
Mengakui kelebihan orang lain dengan memberikan pujian penting untuk dilakukan. Namun, berikan pujian tersebut dengan tulus bukan sekadar ingin menarik perhatian atau diterima oleh lingkungan sekitar.

Belajar ekspresi
Empati dan simpati harus terus kamu asah. Sediakan telinga untuk menjadi pendengar yang baik serta berikan dukungan yang dapat menguatkannya.

Perbaiki penampilan
Kepribadian seseorang dapat tercermin dari caranya berpakaian. Demikian pula di lingkungan kerja. Gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan, sesuai ketentuan perusahaan, tanpa menghilangkan jati dirimu. Perhatikan kerapian dan kebersihan diri karena akan berpengaruh kuat terhadap kenyamanan rekan kerja di sekitarmu.

Berwawasan luas
Tidak ada batas waktu untuk berhenti belajar. Memperkaya ilmu pengetahuan dapat dilakukan melalui berbagai cara dan sumber yang beragam.

Sumber

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s