Linkedin telah menjadi jejaring sosial profesional terpopuler di Indonesia. Data Napoleon Cat menyebutkan pengguna Linkedin di Indonesia mencapai 20 juta lebih pengguna. Angka ini menunjukkan bahwa persaingan untuk dilirik oleh para perekrut profesional di Linkedin semakin ketat. Hal tersebut mendorong konsultan edukasi Kita Kompeten untuk mengajak masyarakat mulai membangun personal brand-nya di Linkedin.

Kita Kompeten merupakan lembaga pelatihan kerja dan sertifikasi kompetensi berbasis digital. Webinar bertajuk “Membangun Personal Branding via Linkedin” ini menghadirkan Mohammad Shihab, seorang dosen dan praktisi ilmu komunikasi dari President University. Dalam pemaparan materinya, Shihab menegaskan pentingnya membangun personal branding sejak dini.

“Personal brand adalah investasi jangka panjang, perlu dibangun, dan membutuhkan proses. Ini bisa dimulai sejak di bangku kuliah tanpa harus menunggu punya pengalaman bekerja dulu,” tutur Shihab via Zoom pada hari Sabtu, 23 Maret 2022.

Menurutnya Linkedin menjadi salah satu media sosial yang paling ampuh dalam membangun karir dan personal brand profesional. Hal ini karena para perekrut sering berburu calon karyawan potensial via Linkedin. Ia pun mengaku sering mendapatkan tawaran kolaborasi dan beberapa tawaran pekerjaan lewat Linkedin. Karena itu menurutnya profil Linkedin perlu dibangun dengan baik.

“Kunci membangun personal brand di Linkedin adalah memastikan setiap bagian profil di Linkedin terisi dengan deskripsi dan kata kunci yang relevan dengan industri terkait dan fokus pada hasil dan capaianmu. Untuk bisa mengisi Linkedin kamu perlu berinvestasi waktu, tenaga, dan pengalaman untuk belajar dan mempertajam skillmu agar bisa dipajang di Linkedin. Kelas-kelas Kita Kompeten sangat bisa untuk menjadi portofolio di Linkedin,” lanjutnya.

Kita Kompeten merupakan satu-satunya lembaga pelatihan kerja di Kalimantan Timur yang sudah berbasis digital. Perusahaan ini fokus pada peningkatan kompetensi masyarakat serta menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan profesional melalui kelas prakerja dan sertifikasi kompetensi. Hingga saat ini, Kita Kompeten telah membantu lebih dari 26 ribu orang membangun karirnya melalui kelas prakerja yang mereka tawarkan.