Berbagai artikel yang kamu baca di media massa nyatanya tidak selalu ditulis oleh para jurnalis. Sebagian artikel juga berasal dari naskah siaran pers.

Siaran pers adalah informasi bernilai berita yang dikemas dalam bentuk artikel berita dan dibagikan kepada wartawan. Siaran pers merupakan senjata utama bagi para praktisi komunikasi untuk mempromosikan brand, produk, atau jasa kliennya kepada khalayak luas. Oleh sebab itu, para wartawan akan menerima puluhan bahkan ratusan siaran pers setiap harinya sehingga siaran pers yang kamu kirimkan akan bersaing dengan siaran pers lainnya.

Berikut ini strategi untuk menulis siaran pers agar terbit di media massa.

Siapkan cerita yang bernilai berita

Siaran pers yang baik mengandung informasi yang bernilai berita. Nilai berita ini akan menjadi pertimbangan para wartawan untuk mempublikasikan atau menolak siaran pers yang kamu kirimkan. Semakin tinggi nilai beritanya, semakin besar pula peluang siaran persmu akan diterbitkan. Setidaknya, informasi yang akan kamu ceritakan lewat siaran pers harus memiliki kebaruan dan sangat penting untuk diketahui oleh banyak orang.

Kaitkan ceritamu dengan isu atau peristiwa terkini

Tambahkan sebuah isu atau peristiwa terkini dalam teras berita siaran persmu. Kemudian, kaitkan dengan cerita yang akan kamu beritakan Hal ini untuk menunjukkan bahwa ceritamu relevan dengan isu, situasi, atau topik yang tengah menjadi perbincangan publik.

Gunakan teknik penulisan jurnalistik

Siaran pers sejatinya adalah naskah berita yang dikirimkan kepada wartawan. Sebuah siaran pers harus ditulis sebagaimana seorang wartawan menulis berita. Siaran pers yang ditulis dengan gaya penulisan jurnalistik akan meringankan para wartawan untuk menyunting naskahmu. Bahkan, naskahmu bisa langsung dipublikasikan tanpa penyuntingan bila sudah ditulis dengan sempurna.

Tambahkan kutipan pernyataan dan data pendukung

Sisipkan pernyataan-pernyataan narasumbermu yang menarik, relevan, serta penting untuk diketahui oleh publik. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan data kuantitatif agar siaran persmu menjadi lebih kaya.