Jangan Seperti Jedun, Begini Cara Minta Maaf Kepada Publik

Artis Jennifer Dunn menjadi artis pertama yang ditangkap oleh Polda Metro Jaya karena kasus narkoba di tahun 2018. Saat jumpa pers bersama pihak kepolisian alih-alih mengakui kesalahan dengan sungguh-sungguh, Jennifer mengaku menyesal kepada publik sambil tersenyum di depan para wartawan. Ketika seorang artis atau public figure berbuat salah, bagaimana seharusnya meminta maaf?

Public figure yang telah dikenal masyarakat juga manusia biasa yang berbuat kesalahan. Namun dalam situasi di mana citra diri sedang jatuh karena tersangkut kasus dan telah menarik perhatian media massa, maka pernyataan pers perdana menjadi peluang emas untuk meraih simpati publik. Hal inilah yang tidak disadari Jennifer saat muncul pertama kali di depan para wartawan. Padahal sebelum tertangkap, isu negatif terus menerpanya.

Jauh sebelum Jennifer, dua artis ternama yang juga terjerat kasus narkoba, Tio Pakusadewo dan Marcello “Ello” Tahitoe berhasil menciptakan kesan positif di saat-saat kritisnya. Melalui kuasa hukumnya masing-masing, keduanya menyampaikan pernyataan pers yang bernada positif yang mampu menarik simpati publik.

“Siap (untuk menjalani rehabilitasi)… Nanti ya kita ngobrol-ngobrol,” kata Tio.

Tio tak banyak berkomentar saat hendak masuk ke ruangan Unit Narkoba RS Selapa Polri. Melalui kuasa hukumnya, Tio menyatakan ingin berubah.

“Prinsipnya beliau (Tio) mau berubah. Beliau pengen hidup sehat itu kemauan besar beliau. Kami mendukung ada tekad yang kuat,” ujar Ronny Talapessy selaku kuasa hukum Tio Pakusadewo.

Meskipun lebih banyak disampaikan melalui pengacara, keterangan pers Tio cukup menimbulkan kesan yang positif.

Pernyataan pers berisi permohonan maaf yang menyentuh juga bisa kita pelajari dari Ello. Saat ditangkap karena kepemilikan narkoba, ia menyatakan permohonan maafnya melalui kuasa hukumnya, Chris Sam Siwu.

“Dia juga tadi sampaikan ke kami dia minta maaf yang sebesar-besarnya kepada semua. Semua fans. Bahkan yang bukan fans juga dia minta maaf karena dia sebagai artis memang tidak selayaknya mengonsumsi hal-hal seperti itu,” ujar Chris di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2017).

Tidak hanya mengakui kesalahan, Ello juga menyampaikan bagaimana harapannya di kemudian hari.

“Sekarang dia pergi dulu, mungkin ke RSKO (rumah sakit ketergantungan obat). Kemudian dia akan kembali untuk menjadi Ello yang lebih baik. Ello akan melihat ke depan untuk bisa berkarier lebih baik lagi,” ucap Chris.

Bagaimana sebaiknya menyampaikan permohonan maaf kepada publik?

Menurut praktisi manajemen reputasi, Chris Calland, sebuah permohonan maaf kepada publik harus dapat menunjukkan rasa penyesalan, reaksi terhadap situasi, dan keinginan untuk tidak mengulangi kesalahan.

Publik tentu terganggu dengan berita dan situasi yang dialami oleh para tokoh tersebut. Karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyampaikan permohonan maaf dengan penuh rasa penyesalan. Jennifer Dunn seharusnya belajar dari Ello bagaimana memohon maaf di depan publik.

Kemudian, koreksi kesalahan sesegera mungkin. Bila ditangkap karena narkoba, maka Jennifer Dunn seharusnya memberitahukan kepada publik bahwa ia akan mengikuti proses hukum dan segala rekomendasi yang diberikan oleh pihak yang berwenang.

Perlu diingat jangan sampai terjatuh di lubang yang sama. Artinya, jangan sampai mengulang kesalahan yang telah “dimaafkan” oleh publik. Sayang bagi Jennifer Dunn, ini merupakan kali kedua ia tersangkut kasus narkoba. Ia seharusnya menyampaikan maaf yang mendalam dan berusaha untuk mengambil pelajaran dari apa yang sudah dialaminya.

Iklan

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s