Skripsi Untuk Publikasi Jurnal, Ini Syaratnya!

Beberapa bulan lalu Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirimkan edaran kepada seluruh perguruan tinggi (PT) di seluruh Indonesia. Edaran tersebut berisi himbauan untuk mensyaratkan publikasi jurnal ilmiah nasional dan internasional sebagai syarat kelulusan program S1, S2, dan S3. Himbauan ini sejatinya mulai berlaku untuk lulusan Agustus 2012. Apa sih faktor-faktor yang membuat sebuah riset layak masuk jurnal ilmiah?

Menurut Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi President University, Raudy Gathmyr, ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan untuk kelayakan sebuah riset masuk jurnal ilmiah.

1. Aktualitas

Topik riset yang dilakukan mahasiswa sebagai bahan skripsi hendaknya bersifat actual. Artinya topic yang diangkat merupakan sebuah masalah atau fenomena yang sedang hangat dibicarakan, sedang berlangsung, atau yang belum terjawab hingga saat ini. Contoh topik actual yang diangkat dalam sebuah thesis baru-baru ini (Februari 2012) “Promoting Stand Up Comedy Via Twitter” oleh Ratih Megasari, mahasiswi komunikasi President University.

2. Koheren

Riset yang dilakukan oleh mahasiswa wajib diceritakan secara “cantik” dengan penggunaan bahasa yang baik, penulisan yang konsisten, serta bab per bab yang saling berkesinambungan sehingga para pembacanya “mengalir” dan tidak kaku dalam membaca laporan riset tsb. Jangan sampai dalam laporan riset, misalnya, pendahuluan menjelaskan latar belakang masalah bagaimana cara promosi lewat Twitter tetapi yang dibahas dalam hasil analisis secara mendalam adalah cara promosi lewat blog.

3. Analisis mendalam

Riset yang baik adalah riset yang menggunakan instrument yang reliable, pemilihan partisipan yang tepat serta analisis yang cukup mendalam. Analisis merupakan jantung dari sebuah riset. Hasil analisis hendaknya mampu menjawab masalah/fenomena yang diangkat oleh peneliti serta mengungkap seluruh informasi yang relevan yang didapatkan selama riset.

4. Sumber yang jelas

Segala informasi yang digunakan selama riset ataupun selama penulisan riset harus berasal dari sumber yang berbobot. Buku yang digunakan sebagai referensi merupakan buku standar yang dipakai di hampir seluruh perguruan tinggi. Pendapat-pendapat yang dikutip juga merupakan hasil pemikiran dari para ahli-ahli yang terkenal di bidangnya sehingga riset yang dilakukan valid dan layak masuk jurnal.

So, are you ready to graduate? 🙂

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s