Etika Mengirim Email Profesional

Interaksi sosial dan pembawaan diri dengan rekan kerja maupun atasan bukan satu-satunya yang harus diperhatikan dalam dunia kerja. Cara mengirim email secara profesional juga menjadi kunci penentu kesuksesan Anda.

Meskipun semua orang saat ini umumnya bisa menggunakan email, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui etika yang benar. Untuk itu, ketahuilah cara beremail yang baik dan profesional, seperti dilansir dari How To Do Things.

Selalu gunakan subject yang jelas
Bila tidak ada subject, orang yang dikirimi email bisa saja tidak membuka email tersebut. Mereka juga akan berpikir, email tersebut tidak penting. Maka pastikan selalu menggunakan subject setiap mengirim email. Subject juga harus singkat dan jelas.

Isi email singkat dan jelas
Tuangkan maksud dan tujuan Anda dalam badan email secara jelas. Hindari membawa unsur humor, apalagi dibumbui dengan sarkasme. Orang lain memiliki cara baca yang berbeda-beda. Maka berhati-hatilah dalam menulis email, orang yang menerima email belum tentu menanggapi dengan baik gurauan Anda, bisa jadi mereka merasa dilecehkan.

Hindari mengirim ‘broadcast’ email
Ketika Anda mendapatkan email berantai, sebaiknya Anda tidak mengirimkannya lagi ke contact list di email Anda, apalagi jika tidak penting. Bila disebarkan kembali akan mengganggu rekan lainnya yang menerima email Anda.

Mengetahui perbedaan ‘CC’ dan ‘BCC’
Ketika Anda mengirim pesan ke banyak orang Anda harus mengtahui cara menggunakan ‘CC’ atau ‘BCC’. Jika menggunakan ‘CC’, orang lain yang menerima email Anda akan dapat melihat alamat-alamat email lain yang Anda kirim. Namun, sebaiknya gunakan ‘BCC’ ketika mengirim email untuk klien-klien Anda di luar kantor. ‘BCC’ berfungsi untuk menyembunyikan alamat-alamat email yang Anda kirim. Umumnya klien dari perusahaan lain, tidak suka jika emailnya dibeberkan.

Sumber: Detikcom

Iklan

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s