Book Review Strategic Planning For Public Relations

Memahami Proses Perencanaan Strategi Public Relations

Public relations merupakan sebuah rangkaian aktivitas komunikasi bisnis yang dilakukan oleh sebuah organisasi bisnis untuk membangun citra dan reputasinya. Aktivitas komunikasi ini memerlukan perencanaan yang matang agar proses membangun citra efektif dan efisien.

Buku Strategic Planning For Public Relations (5th Edition) karangan Ronald D. Smith akan membantumu memahami bagaimana proses perencanaan strategi public relations. Smith adalah seorang akademisi dan juga anggota Public Relations Society of America. Pengalaman dan spesialisasinya di bidang PR memperkuat wawasan ke-PR-an di dalam buku setebal 540 halaman ini.

JudulStrategic Planning For Public Relations (5th Edition)
PenulisRonald D. Smith
PenerbitRoutledge
Halamanxxxiv, 540 halaman
ISBN978-1-138-28205-6 (hbk)
Tahun terbit2017

https://tokopedia.link/r7PeMNjyVub

Pada umumnya, perencanaan strategi public relations terbagi menjadi empat langkah besar: research, action, communication, dan evaluation (RACE). Dalam buku Strategic Planning For Public Relations ini, Smith mengulas dengan sangat rinci bagaimana proses perencanaan public relations agar lebih efektif.

Smith mengembangkan metode perencanaannya berdasarkan kerangka RACE dan merinci metodenya menjadi sembilan langkah yang lebih konkret dan mudah untuk diaplikasikan. Metode ini disebutnya sebagai sembilan langkah public relations (The Nine Steps of Public Relations).

Buku ini sangat cocok menjadi referensi bagi para praktisi bisnis dan akademisi. Sembilan langkah public relations ini akan membantumu membangun citra dan reputasi bisnismu. Mulai dari bagaimana memetakan situasi hingga mengevaluasi hasil kampanye public relations.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kasus public relations dari organisasi bisnis multinasional.

Hal yang paling saya suka dari buku ini adalah panduan perencanaan public relations yang disisipkan di setiap akhir bab. Panduan ini berisi pertanyaan dasar hingga lanjutan untuk membantu pembacanya mengembangkan setiap proses perencanaan public relations.

Karena itu, buku ini sangat cocok untuk para akademisi yang ingin melakukan analisis strategi public relations sebuah merek atau organisasi. Pertanyaan-pertanyaan panduan yang saya maksud di atas sangat relevan untuk dijadikan panduan wawancara atau panduan penelitian. Dengan demikian, penelitiannya akan menjadi lebih fokus dan terarah.

Buku ini ditulis dengan sangat padat, penuh dengan teks, tanpa gambar, sehingga memerlukan motivasi yang cukup untuk membaca keseluruhan buku. Apalagi buku ini dicetak dengan ukuran huruf yang kecil dengan jarak antar kalimat yang terlalu rapat.

Meskipun demikian, wawasan buku ini sangat bermanfaat untuk mempelajari dengan detail bagaimana proses perencanaan strategi public relations. Saya juga selalu menggunakan buku ini sebagai referensi untuk mengajar mata kuliah Strategic Public Relations dan untuk meneliti kasus public relations.

What do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.