Tahun ajaran baru akan segera bergulir. Di momen ini, para pelajar dan mahasiswa sering kali dihadapkan pada berbagai pilihan jurusan dan peminatan studi. Tentunya, menentukan jurusan yang mantap bukanlah perkara yang mudah.

Hari ini (8/7/2022), Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University menyelenggarakan sosialisasi pemilihan peminatan studi kepada para mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2021. Di semester keempat nanti, mereka harus memilih satu peminatan studi: public relations, jurnalistik, atau film & televisi.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mantap memilih jurusan dan peminatan kuliah.

Sadari potensi diri dan tujuan karir yang kamu inginkan

Memilih jurusan dan peminatan akan lebih mudah bila kamu sudah mengetahui potensi dirimu. Kenali diri dan pahami hal-hal yang kamu sukai sehingga kamu bisa menikmati proses kuliah yang akan kamu tempuh.

Selain itu, kamu juga perlu menentukan apa profesi dan bidang karir yang kamu inginkan setelah lulus nanti. Tujuan karir yang jelas akan membantumu memilih jurusan yang tepat.

Salah satu sumber rujukan yang bisa kamu gunakan untuk melihat prospek dan karakter sebuah pekerjaan adalah situs O*Net.

Pelajari karakter setiap jurusan dan peminatan

Setiap jurusan dan peminatan di bangku kuliah tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Kamu perlu melihat prospek dari setiap peminatan. Mulai dari mata kuliah yang akan dipelajari, tugas kuliahnya, hingga prospek lulusannya.

Kamu bisa bertanya bagaimana pengalaman kuliah para mahasiswa senior di jurusan masing-masing. Kamu juga bisa bertanya kepada dosen-dosen tentang aktivitas-aktivitas perkuliahan di jurusan yang kamu minati.

Ikut tes minat dan bakat

Bila masih kesulitan untuk menentukan pilihan, maka kamu bisa meminta bantuan ahli psikologi. Biasanya kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti tes minat dan bakat.

Tes minat dan bakat membantumu untuk mengenal dirimu, kepribadianmu, dan bidang-bidang kerja yang cocok dengan dirimu. Hasil tes ini bisa menjadi pertimbangan yang kuat bagi kamu untuk menentukan arah studi dan karirmu.

Kunci dari pemilihan jurusan kuliah adalah diri sendiri. Perbanyak “berdialog” dengan diri sendiri agar kamu bisa lebih mengenal siapa dirimu, karakter, dan juga potensi dirimu. Dengan demikian hal tersebut akan membantumu memilih jurusan yang cocok dengan kepribadianmu.