Mahasiswa Presuniv Ajak Siswa Buat Aplikasi Android Tanpa Coding

Cikarang – Kabar Silicon Valley akan berinvestasi di Indonesia mendorong persaingan industri digital di dalam negeri menjadi semakin ketat. Masyarakat terutama para siswa di tingkat sekolah pun perlu mendapatkan pemahaman tentang dunia industri digital. Untuk itu, Himpunan Mahasiswa Fakultas Komputer President University menggelar workshop membuat aplikasi berbasis Android tanpa coding.

Sebanyak 40 siswa SMA dari Jakarta dan Bekasi diajak untuk menciptakan aplikasi Android yang bisa secara langsung digunakan tanpa proses kode yang menyulitkan.

Muhammad Iqbal Lukman, mahasiswa President University memberikan materi workshop aplikasi Android (Foto: Compsphere/Forum Liputan6).

“Perangkat MIT App Inventor memudahkan para pengembang pemula untuk membuat aplikasi tanpa menggunakan kode-kode yang membingungkan. Caranya semudah menarik dan melepas klik di mouse (drag and drop),” kata Muhammad Iqbal Lukman, mahasiswa Teknik Informatika di President University pada Kamis (17/11).

Perangkat MIT App Inventor telah digunakan oleh banyak siswa sekolah dasar dan sekolah menengah di dunia termasuk di Indonesia. Lukman menuturkan pertumbuhan industri digital merupakan kesempatan bagi para siswa untuk bersaing.

Peserta lomba sedang menyiapkan presentasi dalam bentuk Powerpoint (Foto: Compsphere/Forum Liputan6).

“Android itu sudah berkembang di seluruh dunia. Apalagi pertumbuhannya di Indonesia sangat pesat. Jadi ini kesempatan bagi para siswa SMA untuk berkompetisi secara global dan menciptakan peluang bisnis dengan membuat aplikasi yang bermanfaat untuk orang banyak,” lanjut Iqbal.

Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan ‘Compsphere’ yang dilaksanakan setiap tahun. Selain workshop, Compsphere 2016 juga menghadirkan pameran karya akhir mahasiswa dan temu alumni. Para mahasiswa juga menggelar lomba cerdas cermat, konsep presentasi Powerpoint, dan pengembangan aplikasi Android. Dalam acara ini, audiens juga dibekali pengetahuan industri digital dari perusahaan aplikasi digital Uber dan pengembang permainan Touchten Games.

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s