Kenali Cara Youtube Membayar Para Vlogger

Youtube telah menjadi saluran utama para vlogger untuk menghasilkan uang. Dengan menciptakan konten yang menarik, para vlogger akan meraup keuntungan melalui iklan. Bagaimana cara kerja Youtube membayar para vlogger?

Team Leader Online Partnership Youtube SEA and ANZ, Niken Sasmaya menjabarkan sistem pengiklanan di Youtube seperti dilansir dari Antara.

“Kami membayar ketika pengunjung melakukan apa (sesuai ketentuan), dan kreator akan menerima pembagian hasil dari iklan yang dipasang di Google.”
“Ada beberapa tipe pembayaran di Youtube, cost per view (CPV), cost per impression (CPI), dan cost per click (CPC). Kami memberikan kebebasan kepada pengiklan.”

CPV merupakan iklan sepanjang 15-30 detik yang sering dijumpai sebelum video dimulai. Iklan ini bisa dilewati, namun ada juga yang tidak bisa dilewati. Bila dilewati, pengiklan tidak membayar dan kreator konten tidak mendapat bayaran.

Tipe iklan kedua yakni CPI, yang biasanya berbentuk banner. Pengiklan akan dikenakan biaya sesuai dengan jumlah pengunjung yang melihat iklan tersebut. Iklan CPI sering digunakan untuk membangun awareness publik terhadap produk baru.

Sementara itu, CPC dihitung berdasarkan jumlah klik pengunjung pada iklan. Bila pengunjung tidak mengklik iklan, maka pengiklan tidak membayar dan kreator juga tidak menerima pendapatan.

Para kreator dapat memantau pendapatan dari iklan setiap hari melalui fitur Youtube Analytics. Pembayaran akan dilakukan setiap bulan.

Sistem ‘monetisasi’ akan berjalan secara otomatis ketika para kreator mulai membuka channel-nya di Youtube.

“Secara otomatis kreator sudah berhak untuk memonetisasi video mereka. Tinggal klik setting-nya maka channel sudah siap untuk menghasilkan uang,” kata Niken.

Iklan

2 tanggapan untuk “Kenali Cara Youtube Membayar Para Vlogger”

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s