Komunitas penggemar mobil Honda berkumpul di Cibis Park, Jakarta Selatan, pada hari Sabtu, 19 Oktober 2024, yang lalu. Para pemilik dan penggemar mobil Honda lintas generasi ini datang dari berbagai daerah untuk menyemarakkan acara Honda Culture 2024.
Belum menjadi pemilik mobil Honda tidak mengurangi antusiasme saya untuk ikut melihat gelaran Honda Culture ini. Menurut saya Honda Culture ini telah berhasil mempertemukan masyarakat yang antusias dengan mobil Honda.
Honda Culture 2024 mengusung tema “Menyala Sepanjang Masa”. Tema ini tentu saja bagi saya menarik dan merepresentasikan positioning Honda. Di tengah kompetisi pasar otomotif nasional sangat ketat, Honda tetap eksis di tengah gempuran merek-merek mobil asal Cina.
Kata “menyala” saat ini sangat populer di kalangan netizen. Secara literal kata ini sering dihubungkan dengan cahaya, tapi kata ini sering digunakan untuk mengekspresikan kekaguman mereka di media sosial.
Tema “Menyala Sepanjang Masa” seakan menunjukkan bahwa Honda adalah salah satu merek mobil yang unggul dan telah dikenal sejak lama di industri otomotif di dunia.
Honda sendiri telah hadir selama lebih dari 76 tahun secara global. Di Indonesia, Honda sudah eksis selama lebih dari 50 tahun.
Merekat loyalitas penggemar melalui Honda Culture

Honda Culture 2024 menjadi ajang untuk memperkuat hubungan antara Honda dengan komunitas penggemarnya.
Acara ini diselenggarakan di Cibis Park, Jakarta Selatan, yang cukup mudah diakses. Ruang terbuka hijau ini juga memiliki fasilitas umum yang cukup baik, seperti musala, toilet, dan restoran.
Honda Culture dapat diakses secara gratis. Kita hanya perlu mendaftar secara online di website Honda Culture dan menunjukkan bukti daftar saat masuk area Honda Culture.
Setelah memasuki area Honda Culture, kita disuguhi mobil Honda dari berbagai model dan generasi. Tidak hanya mobil klasik saja, tetapi ada juga mobil elektrik yang saat ini sedang tren di Indonesia.

Saya pun juga ikut melihat dari dekat mobil-mobil balap Honda dan mobil-mobil yang telah dimodifikasi. Kami pengunjung diminta untuk memilih mobil mana yang menjadi favorit. Pemenangnya akan mendapatkan apresiasi dari Honda Prospect Motor.
Selain pameran mobil modifikasi, ada juga tes dyno yang dilakukan untuk menguji performa mesin. Mesin yang performanya paling tinggi juga mendapatkan apresiasi.
Pengunjung yang membawa anak-anak juga dapat menikmati mobil Honda mini yang bertenaga aki. Selain itu, kita juga ditantang untuk mencoba game simulasi mobil balap Honda.
Honda Culture menjadi kesempatan untuk memperkenalkan kualitas Honda kepada masyarakat umum yang sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil. Pengunjung yang ingin memesan mobil Honda dapat bertransaksi di booth penjualan.
Acara ini digelar sejak pagi hingga malam hari sekitar pukul 8 malam. Pada akhir acara, Honda memberikan apresiasi kepada pengunjung dan pesertanya.
Apresiasi tersebut di antaranya komunitas terbaik, modifikasi terbaik, dyno test terbaik, hingga doorprize untuk pengunjung. Apresiasi ini turut dimeriahkan dengan hiburan musik rap yang dibawakan oleh Iwa K.

Dalam rangkaian acara Honda Culture ini tercatat ada lebih dari 2.100 mobil Honda yang ikut berpartisipasi. Mereka berasal dari 28 komunitas Honda dan masyarakat umum, di antaranya komunitas Mobilio dan komunitas CRV.
Dari sisi marketing, Honda Prospect Motor (HPM) berhasil mendapatkan 260 surat pemesanan kendaraan (SPK). Angka penjualan ini tercapai dalam kurun waktu 12 jam saja.
Setelah digelar di Jakarta, siap-siap Honda Culture juga akan dilaksanakan di Surabaya dan Makassar. Be ready!

