Media partner adalah media atau platform yang berkolaborasi dengan sebuah event atau proyek untuk mempromosikan, mendukung, dan meliput kegiatan tersebut. Media partner dapat berupa televisi, radio, koran, majalah, website, atau media sosial yang membantu penyebaran informasi tentang event kita kepada masyarakat yang lebih luas.
Sebagai media partner, mereka dapat memberikan dukungan berupa penyebaran informasi mengenai event, membuat iklan atau materi promosi, memberikan liputan berita atau review, serta menyediakan penawaran khusus atau diskon untuk tiket atau merchandise konser.
Media partner sangat penting dalam sebuah event karena mereka dapat membantu meningkatkan promosi dan visibilitas eventmu. Untuk kamu yang masih bingung, berikut ini adalah beberapa cara memilih media partner untuk event yang akan kamu selenggarakan.
Kenali profil target audiens
Keberhasilkan sebuah event sangat bergantung pada jumlah audiensnya. Audiens adalah orang-orang yang kamu harapkan hadir pada event yang kamu selenggarakan.
Biasanya, semakin banyak audiens maka potensi keuntungan pun akan menjadi semakin besar. Untuk itu, sangatlah penting untuk mengetahui siapa target audiensnya.
Cara menentukan target audiens adalah dengan secara spesifik mengetahui siapa yang cocok dan akan hadir pada acara kita. Bisa berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, tempat tinggal, perilaku konsumsi, status perkawinan dan sebagainya.
Target audiens yang jelas dan spesifik akan memudahkanmu dalam menentukan strategi media apa yang paling efektif dan efisien untuk mempromosikan eventmu.
Riset media yang cocok
Setelah mengetahui siapa target audiensmu, langkah selanjutnya adalah riset media. Mulailah mengeksplor media apa saja yang cocok dengan event, target audiens, dan juga bisnismu. Catatlah semua media online, media sosial, dan influencer yang kira-kira cocok.
Bila kamu kesulitan, kamu bisa memanfaatkan lanskap media yang sudah dikumpulkan oleh Dable berikut ini. Lanskap media ini cukup membantu untuk menentukan media online apa saja yang paling cocok dengan event kamu.

Selain Dable, konsultan Imogen PR juga turut merilis lanskap media berita yang telah mereka kumpulkan. Lanskap media ini juga berisi daftar media berita dengan berbagai macam pengelompokkan, di antaranya berdasarkan provinsi, bahasa, dan performa online.
Kamu bisa mendapatkan Indonesian Media Landscape 2022 versi Imogen PR di sini: https://imogenpr.com/new-report-indonesian-media-landscape-2022/.
Cara yang paling praktis untuk menemukan media partner yang cocok adalah dengan metode benchmarking. Telusuri event-event yang paling mirip dengan eventmu dan lihat media apa saja yang menjadi media partner pada event tersebut.
Bangun database media
Membangun database media adalah proses mengumpulkan informasi tentang media dan jurnalis yang dapat digunakan untuk kepentingan promosi dan publisitas. Database media adalah kumpulan data media yang berisi profil, e-mail, dan nomor kontak, terutama para editor, jurnalis, dan sales/marketing (diperlukan untuk partnership).
Database ini bisa kamu kumpulkan dari website setiap media yang ada di dalam daftar mediamu. Informasi kontak biasanya tersedia di laman redaksi, kontak, atau tentang/profil.
Buat proposal media partner
Proposal media partner berisi penjelasan konsep event dan kerja sama apa yang kamu tawarkan kepada calon media partner. Proposal ini pun mirip seperti proposal penawaran sponsorship yang setidaknya berisi:
- Latar belakang acara
- Tujuan acara
- Konsep acara
- Penawaran manfaat
Berikut ini adalah contoh proposal media partner yang menurut saya cukup ringkas, cantik, dan informatif.
Karena media partner adalah penawaran kerja sama, maka manfaat yang ditawarkan pun harus sesuai dengan kebutuhan calon media partner. Misalnya, media online membutuhkan sumber informasi sebagai bahan untuk memproduksi berita. Karena itu, kamu bisa memberikan mereka akses sumber informasi yang dibutuhkan, di antaranya kesempatan wawancara, konferensi pers, dan undangan gratis.
- Baca juga: Membangun Bisnis Dengan Brand Partnership
Dalam menghadapi persaingan industri yang semakin ketat, memiliki media partner yang tepat dapat membantu meningkatkan promosi acara dan membuat eventmu semakin sukses.

