Public relations (PR) merupakan kegiatan komunikasi strategi yang dilakukan untuk membangun hubungan yang baik dan bermanfaat antara perusahaan dan publik-publiknya. Hubungan baik ini diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi perusahaan dan masyarakat.
Hubungan antara perusahaan dengan publik sering saya ibaratkan seperti hidup bertetangga. Bila kita bersikap baik kepada tetangga, maka tetangga kita pun juga akan bersikap baik kepada kita. Kehidupan bertetangga ini kemudian mendatangkan manfaat. Misalnya, kita bisa saling meminjam barang, mendapatkan diskon atau berhutang ketika berbelanja di warung tetangga kita. Kemudahan tersebut bisa kita dapatkan bila kita berinteraksi dengan baik kepada tetangga kita.
Hal yang sama juga berlaku bagi hubungan antara perusahaan dengan publik-publiknya. Perusahaan yang memiliki hubungan baik dengan publiknya sering dipersepsikan sebagai perusahaan yang positif. Citra positif ini dapat membuat perusahaan disegani dan lebih dipercaya oleh masyarakat. Untuk itu, sangat penting bagi perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan publik-publiknya.
Materi ini saya presentasikan pada sebuah sesi webinar yang diselenggarakan oleh LSM Omah Cipta bersama PT Pertamina. Presentasi berikut ini akan menjelaskan konsep dasar PR, community relations, dan juga implementasinya pada hari Selasa, 4 April 2023.
Selamat menyimak!

