Studi Kasus

Pemerintah Wajib Benahi Koordinasi dan Komunikasi Publik di Masa Pandemi

Presiden Jokowi berbincang dengan Panglima TNI dan Menteri BUMN pada Peluncuran Paket Obat Isoman Gratis untuk Rakyat, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/07/2021) pagi. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Pemerintah akan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyrakat (PPKM) Darurat. Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan jumlah kasus covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi. Sementara itu, situasi PPKM Darurat pun membuat masyarakat menjadi gaduh dan PPKM Darurat ramai diperbincangkan di media sosial. 

Penegakan PPKM belum konsisten

Sejauh ini ada beberapa hal yang membuat masyarakat gaduh. Pertama, penegakan PPKM terlihat belum konsisten, terutama di daerah luar DKI Jakarta. Penegakan PPKM dilakukan dengan pendekatan yang berbeda-beda. Ada yang kasar, tetapi ada juga yang humanis. Inkonsistensi ini tidak hanya gagal menciptakan kesamaan persepsi publik bahwa kita semua sedang dalam situasi darurat, tetapi juga memberikan kesan bahwa lingkaran Pemerintah sendiri tidak kompak dalam menegakkan aturan PPKM.

Publik perlu ditenangkan

Kegaduhan berikutnya terjadi akibat komunikasi public yang buruk. Di masa krisis kesehatan ini, publik perlu ditenangkan. Namun, bukannya menciptakan suasana yang teduh, sejumlah pejabat yang menjadi wajah Pemerintah malah mengeluarkan pernyataan yang tidak menunjukkan suasana krisis. 

Beberapa pernyataan yang terdengar prediktif, arogan, dan kurang sensitif terhadap situasi dikeluarkan di depan ruang publik. Mulai dari prediksi kapan kasus covid-19 akan turun, menyuruh orang yang kritis untuk melihat situasi terkendali, hingga asyik menyaksikan sinetron di tengah situasi krisis. Semua terpampang di ruang publik. Padahal, masyarakat kecil menaruh harapan besar bahwa PPKM Darurat segera selesai dan mereka bisa kembali mengais rezeki. 

Komunikasi bukan obat, tetapi menjadi awal pemecahan masalah

Fearn-Banks dalam bukunya Crisis Communications telah menggambarkan bahwa dalam situasi krisis tidak ada kepala yang dingin, semua orang merasa stress, dan pikiran kita akan terpecah-pecah. Oleh sebab itu, koordinasi dan komunikasi public yang terencana sangat dibutuhkan dan Pemerintah harus membenahi cara berkomunikasi dengan publik. 

Pertama, Presiden Jokowi sebagai pemimpin negara harus mengkoordinasi seluruh kepala daerah dan memastikan bahwa seluruh proses penegakan PPKM Darurat berjalan humanis dan santun tanpa kekerasan. Pendekatan kekerasan hanya akan menimbulkan bibit kebencian dan potensi konflik antara masyarakat dengan Pemerintah.

Kedua, pejabat Pemerintah yang mengatur PPKM harus hati-hati dalam menyampaikan pesan, baik di depan publik maupun di ruang publik. Para pejabat yang menjadi juru bicara harus menghindari pernyataan yang bersifat prediktif karena prediksi akan melahirkan ekspektasi di mata publik. Ketika prediksi meleset tidak sesuai ekspektasi, maka publik publik pun akan menuntut. Optimisme sangat diperlukan di masa krisis, tetapi tetap harus realistis.

Ketiga, Pemerintah perlu mengakui bahwa Pemerintah tidak bisa berjuang sendiri dalam mengatasi pandemi ini. Terus menerus menyangkal situasi terkendali hanya semakin memperlihatkan ketidakmampuan Pemerintah. Pemerintah harus bisa menunjukkan apa yang terkendali dan mengakui apa yang tidak terkendali. Ucapan terima kasih harus bisa disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada warga, kelompok-kelompok masyarakat, yang sudah saling tolong-menolong di masa krisis ini.

Komunikasi bukanlah “obat” dari segala masalah. Namun, komunikasi yang baik bisa menjadi awal penyelesaian masalah.


Artikel ini telah ditayangkan di situs industry.co.id.

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.