Debat Capres Harus Menjadi Perhatian Mahasiswa

Debat Capres akan berlangsung pada Kamis, 17 Januari 2019, nanti. Format debat pun menjadi perdebatan lantaran bocoran pertanyaan telah diberikan terlebih dahulu dan dianggap menguntungkan salah satu pasangan capres. Namun bagi saya, format ini menguntungkan kedua belah pihak.

Pertanyaan yang telah dibocorkan terlebih dahulu seharusnya dapat membuat debat capres lebih meyakinkan. Artinya, para pasangan capres harus mampu berbicara tentang visi misi dan isu-isu nasional sesuai dengan fakta dan data. Tidak ngawur dan asal bicara karena masing-masing tim sukses sudah riset lebih dulu. Dengan begitu, debat capres tidak hanya sekadar retorika saja, tapi juga menyediakan perdebatan visi, program, dan solusi atas isu-isu nasional.

Debat Harus Menjadi Perhatian Mahasiswa

Debat capres penting untuk diperhatikan karena ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk belajar lebih mendalam tentang program-program setiap capres. Bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, debat capres perlu dianalisis bagaimana capres menyampaikan pesan-pesan politik, membangun citra (image) baik secara verbal maupun nonverbal, dan juga mengkritisi setiap konten yang disampaikan oleh pasangan capres.

Oleh karena itu, mahasiswa di mata kuliah Introduction to Public Relations yang saya ampu perlu menyaksikan debat capres yang akan datang dan menyusun esai berisi laporan pengamatan debat. Instruksi lebih lanjut sebagai berikut.

  1. Tonton debat secara penuh dan amati hal-hal berikut.
    1. Bagaimana setiap pasangan menyampaikan pesan-pesan politiknya dan jelaskan apa pesan kunci yang ingin mereka sampaikan.
    2. Bagaimana setiap pasangan mempresentasikan diri. Jelaskan citra apa yang ingin dibentuk oleh masing-masing pasangan di mata masyarakat dan apa opini anda.
  2. Anda dapat mengkritisi format debat, gaya komunikasi, dan pencitraan yang dilakukan selama proses debat.
  3. Esai diketik sepanjang maksimal 1000 kata (bahasa Inggris atau Indonesia) dan dikirimkan melalui e-mail ke shihab@president.ac.id dengan subyek e-mail Tugas Debat Capres, selambat-lambatnya Jumat, 18 Januari 2019, pukul 08.00 WIB.

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.