Makna Ayam Putih Dalam Tradisi Suku Mori

Ada yang menarik dari kunjungan Pimpinan Operasi Tinombala ke Morowali, Sulawesi Tengah. Brigjen Pol. Rudi Sufahriadi mendapatkan hadiah ayam jantan putih dari masyarakat suku Mori, suku asli di Morowali. Pemberian hadiah ini sebagai wujud apresiasi dari warga suku Mori kepada Kapolda Sulteng.

“Kapolda dihadiahi Ayam jantan kaki putih yang melambangkan ketulusan seorang ksatria sebagai pemimpin berhati tulus, arif memimpin masyarakat memelihara adat budaya, rukun dan damai dalam kehidupan bermasyarakat,” tulis Refi kepada Beritapalu.net pada Rabu (12/10).

Dengan apresiasi tersebut, Rudi secara resmi diangkat menjadi warga kehormatan suku Mori, Morowali Utara setelah mengikuti prosesi adat.

Dalam acara tersebut, Rudi mendapatkan sambutan dari tiga putri Mori. Ketiga putri Mori menarikan Tari Lense dengan iringan montombori atau tabuhan gendang dalam prosesi Momaani atau Tari Ksatria. Kemudian, Kapolda disaji dengan saguer manis atau Baru Moa’ahi asuke Balo Mongkuni, serta diberikan hadiah lain yang juga sarat makna.

“Beras putih dan tujuh butir telur ayam dalam nampan menjadi pemberian berikutnya. Pemberian ini bermakna ketulusan nurani seorang ksatria atau pemimpin yang memperhatikan kesejahteraan, bergotong royong dalam kehidupan bermasyarakat dalam suka maupun duka,” lanjut Refi dalam tulisannya.

Usai prosesi tersebut, dilakukan pemasangan destar kepada pemimpin. Prosesi ini menjadi bagian akhir peresmian Kapolda Rudy Sufahriadi menjadi warga kehormatan Wita Mori.

Sumber: Good News From Indonesia

 

Iklan

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s