Apakah Anda Cocok Olahraga Lari? Ini Cara Mengukurnya!

Olahraga lari kian populer karena murah dan dianggap sebagai gaya hidup masa kini. Berbagai lomba lari yang digelar dengan menawarkan hadiah bernilai jutaan rupiah pun berhasil menarik perhatian masyarakat. Namun sebelum memutuskan untuk berlari, Anda sebaiknya mengukur apakah Anda cocok untuk berolahraga lari.

“Kalau orang mau olahraga itu musti diukur dulu, karena olahraga itu obat. Kalau kekurangan enggak ada manfaatnya dan kalau kelebihan bahaya. Setiap orang, kan tidak sama (kemampuan fisik),” ujar Dede Kusmana, salah satu pendiri Yayasan Jantung Indonesia, seperti dikutip pada Kompas.com.

Anda dapat mengukurnya dengan ‘Tes Kebugaran 1,000 Meter.’ Caranya, cobalah berlari sejauh 1,000 meter dan ukur waktu tempuh Anda. Anda diperbolehkan untuk berlari bila waktu tempuh Anda kurang dari 6 menit bagi pria dan 6.5 menit untuk wanita. Bila kurang dari 8 menit, maka Anda bisa berolahraga jogging. Anda tidak disarankan untuk berolahraga lari apabila waktu tempuh lebih dari 9 menit.

Meskipun Anda termasuk dalam kategori yang tidak kuat berlari, Anda tetap bisa hidup sehat dengan berjalan kaki 30 menit sehari. Jadi, tidak perlu memaksakan kemampuan ya!

Sumber: Kompas.com

Iklan

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s