Guru Tidak Tahu Perkembangan Bahasa Indonesia

image
Lokakarya Balai Bahasa

Balai Bahasa Propinsi Jawa Barat menyosialisasikan peraturan perundang-undangan yang mengatur Penggunaan, Pengembangan, Perlindungan, dan Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Lokakarya Penggunaan Bahasa Di Ruang Publik. Namun, Peraturan dan Undang-Undang yang diterbitkan pada tahun 2007 hingga 2014 tersebut banyak tidak diketahui oleh para peserta.

Salah satu guru Bahasa Indonesia yang mengikuti lokakarya ini mengeluhkan minimnya informasi perkembangan terkini Bahasa Indonesia dari instansi-instansi terkait.

“Kami tidak tahu banyak soal UU dan Peraturan Pemerintah mengenai Tata Bahasa Indonesia.”

“Sebagai guru Bahasa Indonesia saya bingung bagaimana caranya supaya dalam Ujian Nasional murid-murid bisa mendapatkan nilai 100 seperti pada mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris,” keluhnya.

Para peserta mendesak Peraturan Pemerintah dan UU Tata Bahasa Indonesia dapat disosialisasikan oleh Balai Bahasa kepada seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Kita perlu bersinergi dengan Balai Bahasa dengan menyusun program-program untuk menyosialisasikan Peraturan dan UU Tata Bahasa Indonesia,” usul perwakilan Pemprov Jawa Barat.

Dalam paparan materi yang disampaikan oleh, Prof. Dr. Dendy Sugono berharap adanya penguatan penggunaan Bahasa Indonesia.

“Dengan menggunakan Bahasa Indonesia secara baik maka akan terbentuk jatidiri bangsa. Mari kita bersama-sama menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia, jaya!” tutupnya.

Iklan

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s