Ini Proses Terjadinya Kesurupan!

 

Suasana angker, pohon keramat maupun perilaku yang menyalahi pantangan seringkali dipercaya berbuntut pada fenomena kesurupan yang terjadi pada individu maupun secara massal. Walaupun kesurupan sering dikaitkan dengan aktivitas makhluk halus, fenomena kesurupan dapat dijelaskan secara ilmiah.Salah seorang dokter dari RS Soeharto Heerdjan Grogol, Dr Prianto Djatmiko, SpKj seperti yang dimuat di Detik.com menyatakan fenomena kesurupan dapat ditangani secara medis. Menurutnya, kesurupan termasuk gangguan disosiatif yang merupakan ciri gangguan neurotik yang dapat diatasi secara medis.  Secara umum, ada dua hal yang dapat mempengaruhi kesurupan, yaitu faktor biopsikososial seperti tekanan dalam bentuk sugesti dan faktor sosiokultural seperti kepercayaan kuat terhadap unsur-unsur mistis.

Sementara itu, praktisi hipnoterapi Soegiono membagi cara kerja manusia menjadi dua, yaitu pikiran sadar dan bawah sadar yang di antara keduanya terdapat sebuah ‘filter’ yang terbuka bila ditembus oleh kejadian tertentu seperti terkejut atau ketakutan. Oleh karena itu, fenomena kesurupan mungkin terjadi apabila kepercayaan tinggi terhadap sesuatu seperti hal-hal mistis mampu menembus ‘filter’ pikiran sadar dan bawah sadar. Soegiono menyebut ‘filter ‘ yang terbuka ini dengan istilah introject.

Soegiono menuturkan, seperti dilansir Detik.com, fenomena kesurupan dapat menular kepada orang lain yang terkejut mendengar temannya kesurupan. Ia melanjutkan bahwa rasa terkejut ini dapat membuka ‘filter’ sehingga rasa takut akan masuk, mengaktifkan introject, dan masuk jauh ke dalam alam bawah sadar manusia. Ketika introject telah aktif, maka orang tersebut akan bertingkah seperti layaknya orang kesurupan.

Soegiono menambahkan, biasanya orang yang mengalami kesurupan masih ingat semua hal yang terjadi ketika ia sudah sadar dari kesurupan. Namun, rasa takutnya akan hilang dan kesurupan bisa dengan mudah kambuh bila tidak ditangani dengan semestinya.

Untuk menangani rasa takut di alam bawah sadar manusia, Soegiono menyarankan penanganan dari hipnoterapis atau pemuka agama yang dipercaya manusia sebagai sosok yang mampu mengusir rasa takut terhadap hal-hal gaib.

What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s